BLOG

Browse Dekkson's articles for your reference.

Category Blog


- Article | 29 September 2023

Dekkson Electronic Lock A-27 Dan Electronic Lock D-22, Serupa Tapi Tak Sama

Electronic Lock merupakan perangkat kunci pintar yang akhir-akhir ini sering digunakan untuk penguncian rumah. Selain karena lebih modern, electronic lock ternyata memberikan berbagai banyak manfaat bagi penggunanya. Sebut saja dalam sistem keamanan kunci rumah. Electronic lock membatasi akses pengguna untuk dapat masuk dan keluar rumah. Sehingga apabila lupa mengunci pintu, penggunaan electronic lock dapat terkunci secara otomatis. Maka tidak sembarang orang yang dapat bebas mengakses rumah. Hal ini sangat bermanfaat terutama bagi pengguna yang sering lupa menyimpan kunci rumah. Penggunaan electronic lock ini sangat praktis dan mudah digunakan, tidak perlu membawa kunci kemana-mana, melainkan cukup dengan ponsel pintar saja.

Tren dan grafik penggunaan electronic lock di dunia kian hari semakin meningkat, karena mengusung konsep smart home yang sedang menjadi perbincangan utama dalam bidang arsitektur. Di Indonesia sendiri, Dekkson menjadi produsen Electronic Lock yang paling unggul, terutama dalam hal kualitas dan harga. Masyarakat Indonesia tetap konsisten dalam menjadikan produk Dekkson sebagai pilihan utama dalam pencarian Electronic Lock. Baru-baru ini Dekkson sendiri mengeluarkan produk terbaru electronic lock D-22. Tapi hal yang pertama kali dilihat ialah kesamaan bentuk dari produk Dekkson sebelumnya, yaiitu Electronic Lock A27. Sehingga Dekkson memiliki dua electronic lock yang serupa tapi tak sama. Keduanya memiliki perbedaan dan keunggulan masing-masing. Hanya tergantung pada pilihan pengguna yang mungkin cocok dengan kondisi pintu dan gaya arsitektur rumah masing-masing.

Electronic Lock D-22

Electronic Lock D-22

Electronic Lock A-27

Electronic Lock A-27 dan D-22 memiliki kesamaan dalam hal akses. Keduanya memiliki akses buka tutup kunci dengan menggunakan fingerprint, password, mirfare card, aplikasi, dan juga tersedia kunci manual. Mungkin beberapa berpendapat perbedaannya terletak pada fitur. Namun, Baik keduanya pun memiliki fitur yang tidak jauh berbeda. Kedua Electronic Lock tersebut menggunakan baterai A3 Alkaline, memiliki fitur low power warning, dapat melakukan unlock history, akses sharing, memiliki handle untuk mengunci pintu, anti peeping code, notifikasi langsung dari aplikasi, dan dapat menggunakan aplikasi dari jarak jauh. Jika keduanya memiliki kesamaan, mengapa Dekkson mengeluarkan keduanya? Apa perbedaan diantara keduanya? Maka dari itu kami rangkum untuk memberikan ulasan perbedaan untuk kedua electronic lock A-27 dan D-22.

Penggunaan Aplikasi

Memang benar baik Electronic Lock A-27 dan D-22 memiliki akses buka kunci dengan menggunakan aplikasi. Namun yang membedakan diantara keduanya adalah jenis aplikasinya. EL A-27 menggunakan aplikasi TT Lock dan EL D-22 menggunakan aplikasi Deon. Tidak ada yang membedakan diantara kedua aplikasi tersebut. Pengguna hanya memilih aplikasi mana yang nyaman untuk digunakan pengguna karena memiliki desain UI/UX yang berbeda. Namun untuk fitur dan program yang dijalankan keduanya memiliki kesamaan. Fitur akses sharing, unlock history, low power warning, notifikasi langsung, sistem penguncian jarak jauh dari aplikasi, dan pastinya sistem buka kunci pintu.

Koneksi

Perbedaan selanjutnya adalah mengenai koneksi dalam buka kunci pintu. Electronic Lock A-27 menggunakan koneksi Bluetooth. Koneksi ini bisa menjadi keuntungan bagi semua orang karena bluetooth selalu tersedia pada ponsel semua orang dan mudah untuk diakses. Pengguna hanya perlu melakukan pairing bluetooth antara EL dengan aplikasi TT Lock agar dapat terhubung satu sama lain. Sedangkan Electronic Lock D-22 menggunakan akses wifi untuk menghubungkan EL dengan aplikasi Deon. Penggunaan wifi merupakan cara yang mungkin lebih modern digunakan. Saat ini masing-masing rumah sudah memiliki koneksi otomatis dengan wifi rumah mereka. Sehingga tidak perlu lagi menyalakan wifi secara manual. Kedua koneksi sama-sama memiliki kemudahan pada akses, sehingga kembali lagi pada pilihan pengguna yang mungkin lebih praktis dan efisien digunakan.

Pilihan Warna

Kedua electronic lock A-27 maupun D-22 memiliki dua pilihan warna. Warna yang tersedia dalam electronic lock A-27 adalah chrome silver dan chrome black. EL-27 memiliki warna yang mengkilap dan berkilau, sehingga mungkin pengguna dapat melihat bayangannya di EL-27. Warna chrome sedang menjadi pilihan utama karena terlihat lebih mewah. Dan biasanya banyak ditemukan pada warna kendaraan mobil sport mewah. Berbeda dengan EL D-22 yang memiliki warna hitam dan putih doff. Kelebihan warna ini adalah EL D-22 tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan. Jika dilihat dari kejauhan maka warna ini akan terasa sangat elegan dan anggun. Jadi warna ini sangat cocok dengan berbagai model pintu.

Desain

Jika dilihat dari dekat EL A-27 memiliki garis bezel silver keabuan yang terbentang kebawah di pinggirnya. Nampaknya hal itu membuat EL A-27 lebih cantik saat dipandang. Bezel yang terlihat memberikan rasa ketertarikan kepada siapapun yang melihatnya, karena dapat menambah kemewahan pada pintu. Sedangkan EL D-22 memiliki bentuk handle yang lebih manis dan lebar. Desain ini lebih memudahkan pengguna dalam menggunakan handle untuk masuk dan membuka kunci.

Kesamaan lain dari kedua electronic lock A-27 dan D-22 adalah tidak hanya dapat diaplikasikan pada pintu kayu, melainkan pada jenis pintu aluminium atau pintu yang memiliki bingkai kecil. Asalkan pintu tersebut memiliki ketebalan 35-50 mm. Khusus untuk Electronic Lock A27 bisa diaplikasikan ke daun pintu yang tadinya menggunakan pengunci manual. Caranya hanya dengan mengganti handle dan kunci pintu manual dengan perangkat Electronic Lock A27.

Electronic Lock D22 memiliki kesamaan dalam desain, fitur dan akses dengan Electronic Lock A27, namun sebenarnya terdapat berbagai perbedaan diantara kedua Electronic Lock tersebut. perbedaan tersebut menjadi pembeda untuk pengguna dapat memilih mana yang paling nyaman dan cocok untuk digunakan dipintu rumah. Maka, dapat disimpulkan bahwa kedua electronic lock memiliki banyak kesamaan namun beberapa perbedaan yang sekiranya tidak terlalu mencolok. Hasil akhir masih tetap tergantung pada selera pengguna yang mungkin akan disesuaikan dengan model pintu atau gaya arsitektur rumah masing-masing pengguna.