BLOG

Browse Dekkson's articles for your reference.

Category Blog


- Article | 27 September 2023

Mengusung Konsep Smart Office Pada Era Digitalisasi

Masa Depan Bidang teknologi telah menghasilkan banyak terobosan terutama pada abad ke-21 ini. Industri 4.0 yang semakin berkembang mengharuskan manusia segera beradaptasi dengan dunia digital. Salah satunya adalah teknologi smart office. Smart office memiliki pengertian sebagai kantor yang terintegrasi dengan dunia digital dan hampir semua aspeknya sudah terdigitalisasi. Hingga kini, beberapa perusahaan besar maupun startup telah mengubah workflow dari konvensional menjadi lebih modern.

Smart office merupakan kolaborasi antara teknologi dan IoT (Internet of Things) yang diimplementasikan dalam lingkungan kerja, sehingga nantinya akan meningkatkan kinerja karyawan menjadi lebih cepat. Tujuan lain dalam penerapan smart office adalah membantu bisnis perusahaan dalam menjaga efisiensi pengeluaran dan keamanan aset. Karena teknologi smart office dapat diterapkan dalam berbagai aspek seperti gedung, keamanan, front desk, meeting room, dan lain sebagainya.

Salah satu contoh penerapan smart office adalah penggunaan automatic sliding glass door atau pintu kaca otomatis yang terhubung dengan access reader atau smart lock. Penggunaan pintu kaca otomatis seringkali ditemui pada kantor-kantor gedung bertingkat yang telah menerapkan smart office. Namun, pintu kaca otomatis hanya dapat dibuka jika ada sensor dan juga menggunakan remote control. Oleh karena itu, penggunaannya lebih banyak dijumpai pada pintu masuk akses kantor gedung bertingkat.

Namun, saat ini pintu kaca otomatis juga dapat ditempatkan pada kantor yang relatif kecil dan memiliki akses yang terbatas hanya untuk karyawannya. Hal ini dimungkinkan dengan penggunaan access reader untuk membuka pintu dengan beberapa pemilik akses. Sehingga pintu kaca otomatis memiliki banyak akses untuk terbuka sekaligus membatasi penggunaan akses keluar masuk. Cara ini bermanfaat dalam mengoptimalkan tingkat keamanan dan kinerja karyawan kantor agar lebih efisien. Selain dijadikan sebagai pintu masuk utama, kenyataannya hari ini banyak yang menggunakan pintu kaca otomatis dan access reader pada ruang rapat dan berbagai ruangan di dalam kantor.

Automatic Sliding Glass Door ASD-D-120B dari Dekkson merupakan pintu geser otomatis yang digunakan untuk pintu kaca, dengan menggunakan teknologi yang canggih. Automatic sliding glass door ini dapat digunakan pada satu hingga dua daun pintu. Jika digunakan untuk ruangan yang kecil, mungkin satu daun pintu saja sudah cukup, namun jika digunakan untuk ruangan yang besar dan sebagai pintu utama, maka dua daun pintu dapat menjadi alternatif terbaik. Ukuran maksimal dalam satu daun pintu adalah 150 KG dan dua daun pintu 2x120 KG. Lebar dari satu daun pintu adalah 750-1600 mm dan untuk dua daun pintu 650-1050 mm. Lebar bukaan pintu sendiri dalam menggunakan satu daun pintu memiliki lebar maksimum 1550 mm dan dua daun pintu memiliki lebar maksimum 2000 mm.

Automatic sliding glass door Dekkson memiliki kecepatan dalam membuka pintu sebesar 150-460 mm/s dan dapat diatur. Sedangkan untuk kecepatan menutup pintu sebesar 130-460 mm/s dan dapat diatur. Waktu pintu terbuka memerlukan 0-8 detik (dapat diatur manual) sebelum tertutup secara otomatis. Jika menempatkan pintu kaca otomatis di dalam ruangan, maka temperatur lingkungan kerja harus berkisar antara -20? Celsius hingga 50? Celsius. Akses masuk dari pintu kaca otomatis menggunakan motion sensor. Sehingga jika berada di dekat pintu kaca, pintu akan terbuka dengan sendirinya. Tambahan untuk akses masuk terdapat remote control yang memungkinkan Anda untuk mengakses pintu dari jarak yang cukup jauh, sehingga tidak memerlukan sensor otomatis.

Agar lebih menjaga keamanan kantor atau ruangan kantor, maka access reader dari electronic lock Dekkson menjadi fitur lengkap dalam mewujudkan smart office. Electronic lock 9318 Dekkson memiliki berbagai akses untuk membuka pintu kaca otomatis dan seringkali digunakan pada kantor-kantor dengan konsep smart office. Pintu kaca otomatis dapat terbuka dengan adanya tambahan perangkat dari electronic lock EL 9318 Dekkson. Kelebihan penggunaan Electronic Lock 9318, penghuni kantor tidak perlu akses dengan sensor dan remote, melainkan lebih privat. Electronic Lock 9318 memiliki berbagai akses dan fitur seperti fingerprint, password, mirfare card, dan penggunaan aplikasi TT Lock memberikan kemudahan akses kepada penghuni smart office.

Dilengkapi dengan berbagai fitur seperti door bell yang berfungsi sebagai notifikasi apabila ada seseorang yang ingin memasuki wilayah kantor. Penggunaan TT Lock juga dapat diakses dari jarak jauh, yang memudahkan penghuni yang akan menggunakan akses pintu masuk kantor. Sharing access juga dapat menjadi sistem keamanan untuk kantor karena membatasi penggunaan akses pintu. Selain itu, terdapat berbagai fitur lain untuk mendukung smart office dalam EL 9318. Fitur-fitur tersebut meliputi power input, anti-peeping code, unlock history, dan real-time notification.

Dengan perpaduan antara pintu kaca geser otomatis dan access reader dari EL 9318, dapat memenuhi salah satu konsep smart office dalam perusahaan. Selain akan meningkatkan keamanan ruangan kantor, ini juga akan menjaga privasi penghuni kantor. Selain itu, penerapan Automatic Sliding Glass Door dan Electronic Lock 9318 juga akan meminimalkan biaya pengeluaran untuk kantor dan akan meningkatkan kinerja penghuni smart office dengan lebih cepat. Penerapan smart office adalah terobosan yang baik untuk perusahaan, dan pengaplikasiannya adalah hal yang sangat penting untuk aktivitas bisnis perusahaan.

EL 9318 Preview : https://www.instagram.com/p/CQVKkV7niyo/