BLOG

Browse Dekkson's articles for your reference.

Category Blog


- Article | 13 January 2021

Tips Membersihkan & Merawat Handle Dan Kunci Rumahmu Ala Dekkson!

Jakarta – Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia, membuat masyarakat termasuk kamu cemas dan was-was terhadap apapun benda di sekitar yang kamu sentuh. Apakah kamu menyadari bahwa ada benda yang mungkin tidak kamu notice setiap harinya? Entah kamu sentuh maupun kamu bawa kemana-mana. Ya, Kunci dan handle adalah kedua benda yang sering kita temui! Tapi apakah kalian menyadari banyaknya kuman dan virus yang menempel di kunci maupun handle pintu? Yuk simak tips-tips membersihkan dan merawat Handle & Kunci Rumahmu ala Dekson!

Proses membersihkan dan mesterilkan kondisi kunci sangatlah mudah untuk dilakukan. Untuk membersihkannya, Kamu hanya membutuhkan wadah, air hangat, sabun cuci, sikat gigi, lap kering dan juga kapas.

Langkah-langkah Membersihkan Kunci Pintu:

1. Pisahkan kunci dengan barang-barang yang terkumpul menjadi satu dalam gantungan kunci.

2. Masukkan ke dalam suatu wadah yang telah diisi air hangat dan beberapa sabun cuci. Lakukan basuh dan aduk-aduk kunci dalam wadah yang telah diisikan air ynga telah disiapkan

3.Bisan gunakan sikat gigi untuk menyikat segala kotoran dan kerak pada seluruh badan dan pinggiran kunci. Sikat gigi adalah pilihan terbaik karena dapat menyangkau sela-sela terkecil dari kunci tersebut.

4.Pindahkan kembali menggunakan tangan dalam wadah yang hanya berisikan air bersih tanpa sabun untuk menghilangkan sisa kotoran. Setelah itu, bilas secara menyeluruh.

5.Keringkan dengan menggunakan lap bersih. Pastikan sisa air tidak menempel pada keseluruhan area kunci untuk menghentikan proses pengaratan. Langkah membersihkan dan mengeringkan ini harus dilakukan sebelum mensterilkan kunci dengan desinfektan. Ingat, desinfektan hanya dapat digunakan jika permukaan material telah bersih seutuhnya.

6.Setelah kunci kering, basahi kapas dengan menggunakan cairan alkohol isopropil. Gosok kapas beralkohol tersebut ke seluruh permukaan. Lalu, keringkan dan selesai prosesnya.

7.Ada baiknya, beberapa langkah ini juga diaplikasikan ke bagian gantungan tempat menaruh kunci-kunci Anda.

8.Kunci berkarat

Jika kondisi kunci Anda berkarat, sangat penting untuk membersihkan karat-karat tersebut sebelum mencucinya. Bisa di rendam dalam tinner atau larutan buatan sendiri berbahan air asam atau cuka kurang lebih selama 30 menit. Dan dilanjutkan dengan menyikat dan dkeringkan

Dan Berikut cara merawat Handle Pintu Rumahmu!

1. Menggunakan lap kering atau kain halus yang bersih untuk membersihkan handle setiap hari, karena bila menumpuk, debu bisa masuk ke dalam pori-pori handle.

2. Hindarkan menggunakan bahan kimia yang bersifat asam dan mengikis, seperti tiner, terutama jika handle terbuat dari bahan non-stainless steel dan diberi lapisan luar. Bahan kimia yang tidak tepat dapat merusak pelapis handle.

3. Hindari handle dari segala jenis minyak, seperti oli, pelumas gemuk, dll.

4. Jangan biarkan handle terpasang saat melakukan pengecatan pada pintu. Cipratan cat atau finishing kayu lainnya bisa merusak tampilan handle, bahkan kadangkala masuk ke dalam silinder (lubang kunci) dan merusak sistem pada kunci itu.

5. Hindarkan handle pintu dari benturan, gesekan, dan benda-benda tajam seperti palu, obeng, silet, gunting, amplas, dan lain-lain.

6. Hindari membungkus handle dengan lakban atau selotip, plester, stiker, dll. Daya rekat pada selotip bisa merusak lapisan handle.

7. Sebaiknya handle dan kuncinya dipasang setelah daun pintu selesai di finishing.