BLOG

Browse Dekkson's articles for your reference.

Category Blog


- Article | 08 November 2021

TIPS MEMILIH ENGSEL PINTU ALA DEKKSON

Pasti kita sering mendengar istilah engsel atau hinge. Seperti yang kita ketahui, bahwa engsel merupakan bagian dari hardware sebuah pintu yang memegang peranan penting. Jika sebuah pintu tidak terpasang engsel dengan tepat, maka bisa dipastikan pintu tersebut tidak akan berfungsi maksimal saat kita membuka atau menutup pintu. Berikut beberapa tips memilih engsel pintu ala Dekkson:

  • Jenis material pintu

Kita harus mengetahui material sebuah pintu terbuat apakah terbuat dari kayu, besi, aluminium, ataupun kaca. Material pintu akan mempengaruhi engsel yang akan digunakan.

  • Arah bukaan pintu

Untuk arah bukaan pintu ini harus diperhatikan agar engsel yang dipilih tepat dan sesuai penggunaannya. Jika kita menggunakan engsel kupu-kupu untuk pintu kayu, maka arah bukaannya adalah searah baik ke dalam ataupun ke luar. Jika arah bukaan pintu ingin dibuat secara bolak-balik, maka pemilihan engsel pivot bisa dijadikan pilihan.

  • Tipe engsel

Ada berbagai tipe engsel untuk pintu yang kita kenal pada umumnya, yakni engsel kupu-kup, engsel hidrolik, engsel aluminium untuk pintu aluminium, engsel H, concealed hinge, engsel pivot.

  • Berat pintu, serta lebar dan tinggi pintu (ukuran pintu)

Berat sebuah pintu menjadi acuan untuk pemilihan sebuah engsel yang tepat, tinggi pintu juga mempengaruhi jumlah engsel yang akan dipasang. Untuk pintu dengan tinggi sampai dengan 200 cm, jumlah engsel yang digunakan sebanyak 1 pasang (2 buah), tinggi pintu 200 – 250 cm, jumlah engsel yang digunakan sebanyak 1.5 pasang (3 buah), dan tinggi pintu 250 – 300 cm, jumlah engsel yang dipakai sebanyak 2 pasang (4 buah).

  • Jenis material engsel

Ada beberapa jenis material untuk dari engsel, antara lain besi, aluminium dan stainless steel. Untuk material stainless steel lebih tahan terhadap terjadinya korosi.

Demikian tips memilih engsel pintu ala Dekkson. Semoga tips yang diberikan berguna untuk sobat Dekkson. Untuk informasi lebih lanjut terkait produk Dekkson dapat menghubungi kami di +62 811 849 8892, email di marketing@dekkson.com.Jangan lupa simak postingan menarik lainnya di IG dekkson_official, Facebook Dekkson dan Youtube Dekkson.